TENCEL, Bahan organik yang bikin nyaman saat tevelling

Tencel merupakan bahan organik yang terbuat dari serat kayu eucalyptus. Bahan ini sangat nyaman, adem (dingin), menyerap keringat, dan juga lembut saat dipakai. So, cocok sekali buat travelling ke daerah panas seperti pantai dan tempat lainnya. Selain nyaman untuk dipakai, ternyata bahan ini juga memiliki keunggulan lainnya yaitu anti-bakteri, sehingga tidak menimbulkan bau badan yang berlebih saat berkeringat. Dan sepengetahuan saya juga, bahan ini emang sering digunakan untuk pakain dalam karena sifatnya yang anti-bakteri dan nyaman dipakai


Sampai saat ini, penggunaan bahan ini di dunia fashion memang masih terbatas. Kebanyakan para pelaku fashion masih menggunakan bahan-bahan umum seperti katun ataupun yang lainnya. Meskipun, mulai ada pergeseran fashion menuju ke green-fashion. Di Indonesia sendiri, baru ada satu produsen kain Tencel yang biasanya memproduksi untuk pesanan ekspor. Pabriknya terletak di bandung, tak jauh dari pusat kota. Ketika datang kesana, ternyata kain tencel ini tak jauh beda dengan kain-kain lainnya yang memiliki banyak ragam warna dan motifnyapun juga banyak banget, sesuai dengan trend pasar. Sayangnya, untuk produk fashion berbahan Tencel di Indonesia sangat jarang, dan kalaupun ada pasti harganya mahal karena berbahan organik.

Setelah asyik ngulik kain tencel, saya menemukan salah satu produk fashion di Indonesia yang berbahan tencel. Deer River Tencel Shirt, yaitu kemeja cewek untuk travelling berbahan tencel. Wah, pas banget nih buat fashion jalan-jalan. Lama bincang-bincang bareng si pemilik brand Deer River yang sekaligus mahasiswa ITB, ternyata peminat kemeja ini lumayan banyak. Rata-rata pembelinya suka gara-gara ini bahan nyaman banget saat dipakai. Dan usut punya usut, ternyata mereka juga menggunakan bahan organik lainnya yaitu kain Ramie untuk bahan kemeja cowok. Wah, salut banget ni.

Udah taukan, sedikit tentang kain Tencel. Buat yang emang suka sama dunia fashion tidak ada salahnya menggunakan bahan ini untuk fashion anda. Dan cobalah untuk selalu beda dalam gaya fashion anda, baik dari model ataupun bahan seperti yang saya sarankan.






1 comment:

  1. sorry, pabrik bahan tercel di bandung detailnya di mana ya? makasih.

    ReplyDelete