ZARA: Penguasa Retail Fashion Dunia


 ZARA...tentu nama ini sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta fashion. Yah, ZARA sendiri merupakan brand fashion terbesar didunia. Bahkan mungkin anda bisa menemui gerai ZARA di mall-mall besar di hampir seluruh dunia. ZARA adalah salah satu merek fashion yg berasal dari Spanyol dan bermarkas di Arteixo, Gallicia. Zara dan didirikan pada tahun 1975 oleh Armancio Ortega dan Rosallia mera. ZARA sendiri merupakan anak perusahaan Inditex. Inditex adalah perusahaan ritel garmen terbesar di dunia, melebihi Gap bahkan produksinya saja sekitar 840 juta garmen setiap tahunnya. Perusahaan yang memiliki lebih dari 6.000 toko di 90-an negara. Merk lain yang berada di bawah Inditex adalah Zara Home, Massimo Dutti.

Dibalik kesuksesan ZARA yang begitu pesat, nama Ortega menjadi sosok yang begitu penting. Berkat gagasan dia membuat fast fashion, menjadikan ZARA sebagai pundi-pundi penghasilannya. Bahkan terakhir Armancio Ortega dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga dunia oleh Forbes dengan total kekayaan mencapai $ 57 miliar (Rp 553 triliun).

Kunci kesuksesan ZARA adalah dengan menerapkan konsep "Fast Fashion". Dimana mereka selalu melakukan pergantian mode secara cepat bahkan hanya dalam waktu dua minggu. Jika dihitung, dalam satu tahun mereka bisa mengeluarkan lebih dari 10.000 desain baru. Hal inilah yang mendorong konsumen berebut membeli ZARA, apalagi cycle time yang ZARA berikan sangat pendek. Telat sedikit anda untuk membeli, anda tidak akan mendapatkannya lagi.

Untuk masalah promosi, ZARA memang tidak banyak melakukan promosi, bahkan bisa dibilang jarang atau tidak pernah. Hal ini dikarenakan produk mereka banyak dipakai publik figur, sehingga itu merupakan promosi tersendiri. Salah satunya yang cukup membantu penjualan ZARA adalah Kate Middleton, permaisuri Inggris, yang diketahui suka memakai Zara. Selain dipakai pesohor dunia, hal yang membuat ZARA sangat berkembang adalah layout dari tokonya sendiri. Dimana mereka mendesain setiap tokonya dengan interior yang lega dan kesan ekslusif sehingga banyak orang yang makin tertarik.

Jika anda memang suka desain fashion, desain yang ditawarkan ZARA memang tidak begitu aneh-aneh. Hal utama yang mereka tonjolkan adalah global style. Dimana mereka membuat desain yang mencakup pasar luas, bukan kalangan tertentu saja. Dan inilah, yang membuat desain mereka sangat disukai oleh pecinta fashion. Sehingga bagi kamu yang emang pengen bisnis retail fashion bisa belajar dari manajemen ZARA.

Untuk mengetahui update terbaru produk ZARA, anda bisa berkunjung disini. Dan berikut contoh koleksi terbaru ZARA:









No comments:

Post a Comment